Perkara Signifikansi Loyalty, ICUBE Bersama OpenLoyalty Berikan Solusi

openloyalty.png

Apakah alasan terbesar orang lebih memilih belanja online ketimbang pergi ke tokonya langsung? Belanja online kini menjadi hal yang digandrungi karena konon pelanggan akan lebih sering mendapat keuntungan (benefit) berupa berbagai macam reward dan promo. Dilansir dari laporan Statista, 59% pengguna internet di US menggunakan kupon digital (coupon codes) dalam melakukan transaksi online. Di Indonesia sendiri, berdasarkan laporan Jakpat per 2016 dengan sampel 535 responden berusia 15 tahun ke atas, 54.21% responden memiliki setidaknya 1-5 kartu anggota (membership card). Laporan ini mengindikasikan bahwa sejatinya setengah lebih dari mereka telah menggunakan loyalty program. Jadi, apakah yang dimaksud dengan loyalty program itu?

Pada dasarnya, loyalty program tidak hanya sebatas pada cara yang digunakan oleh pemasar untuk menarik konsumen atau pelanggan. Lebih dari itu, loyalty program membidik pasar yang sesuai dengan produk/merk yang dijual dan membangun relasi spesial pelanggan pada brand tersebut. Singkatnya, loyalty program didesain untuk membangun loyalitas merek di benak konsumen.

Istilah loyalty program atau dalam Bahasa Indonesia akrab disebut dengan program loyalitas pelanggan semakin sering digaungkan menjelang era go-digital hingga hari ini. Berbagai program loyalitas diadopsi oleh berbagai perusahaan di hampir semua sektor. Terlebih di industri digital, ritel online seakan berlomba-lomba untuk menarik konsumen dengan beribu tawaran promo dan program-program khusus pelanggan. Lantas, seberapa menguntungkan loyalty program bagi ritel dan atau pemasar?

Sejalan dengan tujuan awalnya, loyalty program mendekatkan pelanggan dengan penyedia program loyalitas itu sendiri yang tak lain ialah perusahaan. Maka dari itu, strategi yang digunakan pun bukan hanya mengandalkan sisi rasional namun lebih kepada kedekatan emosional; loyalty is about trust and experience.

 

ICUBE x OpenLoyalty: Personalisasi dan Gamification Feature

ICUBE telah bekerja sama dengan OpenLoyalty sebagai penyedia program loyalitas pelanggan. Kami paham bahwa mengupayakan klien agar memiliki pelanggan yang setia adalah suatu signifikansi. Melalui hubungan kemitraan ICUBE dengan OpenLoyalty, ritel kini tidak perlu khawatir akan perkara customer loyalty. Salah satu kiatnya adalah dengan mempersonalisasi promo dan penawaran pada target konsumen secara tepat. Melalui cara itu, pelanggan merasa diperlakukan istimewa lantaran promosi yang diberikan sesuai dengan preferensi mereka.

Untuk memungkinkan personalisasi ini, OpenLoyalty menyediakan data real-time terkait dengan membership, akuisisi, pendapatan, dan lain-lain melalui laporan analitik yang dapat disesuaikan dengan mudah. Penyesuaian promo pun menjadi lebih mudah dengan adanya fitur Reward Management yang memungkinkan ritel mengatur beragam tipe reward seperti kupon, material rewards, atau promosi.

Selain itu, OpenLoyalty juga menyediakan fitur unggulan yaitu “Levels”. Di section ini, admin dapat mengkonfigurasi level-level reward yang bisa didapatkan pelanggan, misalnya dari entry level, bronze, silver, gold, hingga VIP. Levels merupakan salah satu bentuk gamification feature dimana cara menentukannya dengan menghitung total pembelian yang telah dilakukan pelanggan atau total poin yang diperoleh. Semakin tinggi level, semakin banyak keuntungan yang didapat. Berikut contoh tampilan konfigurasi “Levels” pada admin:

Tampilan back office pada section Levels.

Tampilan back office pada section Levels.

Ibarat sebuah pohon, loyalitas harus dipupuk dan dipelihara hingga tumbuh dan menghasilkan buah. Melalui kerjasama antara ICUBE dan OpenLoyalty, kami mengusahakan strategi loyalitas paling efektif bagi bisnis Anda. Anda mungkin dapat melakukan berbagai cara demi mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya, tapi membuat mereka loyal pada brand adalah pekerjaan kami. Mulai pikirkan signifikansi loyalty, kami akan berikan solusi. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui contact me untuk informasi lebih lanjut atau bisa juga kunjungi https://www.openloyalty.io/.

Muliadi Jeo