Sukseskan Bisnis Online dengan SWIFT: Kuasai Pasar dengan Budget Ramah

Membuka platform digital bagi sebuah bisnis bukan lagi sebuah tren. Lebih dari itu, konvergensi internet sudah menjadi sebuah kebutuhan. Dilansir dari survei per November 2018 oleh CPC Strategy, satu dari lima pengguna internet menggunakan waktunya untuk berbelanja. Artinya, terdapat sekitar 36.4% pengguna internet di dunia yang rutin berbelanja online – sedikitnya tiga hingga lima kali per tahun. Di Indonesia sendiri, peningkatan jumlah online shopper per 2018 mencapai 11,9 persen dari total populasi. Presentase tersebut didapat dari perhitungan oleh lembaga statistik internasional Statista dengan menggunakan metode pembagian jumlah populasi dan jumlah pembeli secara online di Indonesia setiap tahunnya. Tak heran ketika kemudian didapat pula data mengenai pendapatan pasar ecommerce Indonesia yang mencapai 7,5 miliar US dolar di 2017 dan mencapai 9,1 miliar US dolar di tahun berikutnya.

Hal ini lantas menjadikan ecommerce ladang yang subur untuk berbisnis. Namun, untuk menjadi bagian dari mereka yang bisa menguasai pasar dan mendapat keuntungan miliaran tentu juga bukan hal yang gampang. Ada begitu banyak aspek yang perlu dipersiapkan – salah satu yang terpenting ialah membuat website ecommerce yang mumpuni. Kenapa website ecommerce menjadi sepenting itu? Simak penjelasan berikut ini.

Kualitas website ecommerce mencerminkan toko Anda. Untuk membuat situs ecommerce yang lebih dari sekadar rata-rata, Anda perlu mempertimbangkan kualitas serta kredibilitas website builder yang Anda pakai. Karena sekali memutuskan untuk terjun ke dunia ecommerce, itu artinya Anda harus siap dengan masalah desain, arsitektur informasi, aplikasi web yang rumit, sistemasi secure payment, dan berbagai fungsi tambahan seperti proses check out, kategorisasi produk, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak langkah dan hal yang perlu dipersiapkan tersebut, bukan berarti tidak mungkin untuk mendapatkan proses yang effortless. Yang perlu Anda cari adalah partner terpercaya dan berpengalaman yang siap mengantar Anda menuju ceruk persaingan ecommerce.

Setelah mengetahui apa yang harus dilakukan dan merencanakan strategi bisnis, maka pertanyaan yang biasanya muncul kemudian adalah berapa biaya untuk mengembangkan situs ecommerce. Sebuah situs ecommerce yang efektif pasti memerlukan sistem yang kompleks dan sumber daya yang terklarifikasi; seperti developer baik Front-End maupun Back-End, DevOps, manajer proyek (project manager), technical support, QA (quality assurance), system administrator, dan masih banyak lagi. Untuk memenuhi segala kebutuhan tersebut, seringkali persiapan biaya yang dilakukan kurang realistis. Untuk sebuah situs yang berkembang, pasti ada biaya untuk terus memelihara situs mereka. Ini bukan proyek yang satu kali selesai – melainkan proyek yang butuh pemeliharaan yang berkelanjutan (continous improvement) - setelah situs berhasil launch, selalu ada hal-hal yang perlu ditingkatkan terkait kinerja dan fungsi situs.

Lantas, adakah solusi untuk mengembangkan situs ecommerce yang bersaing tanpa harus menyusun anggaran yang membengkak? SWIFT menyediakan solusi beserta sumber daya yang Anda butuhkan untuk membangun bisnis online yang solid:

  1. SWIFT memungkinkan Anda membangun website ecommerce dengan biaya kurang dari 50 juta rupiah. Dengan layanan PaaS yang diusung, Anda tidak perlu khawatir akan skalabilitas  karena fitur utama dari layanan ini adalah menskalakan situs sehingga kenyamanan pelanggan dalam mengakses toko online Anda akan terjamin. Selain itu, berbagai fitur seperti keamanan platform, OS, sistem database, web server – dan masih banyak lagi – siap ditambahkan untuk mengoptimalkan situs Anda.  

  2. Waktu adalah uang – pelanggan bisa segera mengakses situs ecommerce Anda dalam kurun waktu tiga bulan saja. SWIFT dapat membawa situs Anda muncul di laman pencarian Google secepat itu.

Kami telah bekerja sama dengan ratusan klien tersebar di seluruh dunia, beberapa di antaranya Hush Puppies, Nutrimart, Erhastore, Eiger, The Body Shop, Kawan Lama, dan masih banyak lagi. Pengalaman membangun website berkelas internasional bukan perkara baru bagi kami.

 

Selamat, Website Anda sudah berhasil tayang!

Waktunya merayakan dan mulai fokus disisi bisnis!  Perjalanan situs ecommerce anda baru mulai. Tetapkan tujuan dan strategi bisnis secara berkala (milestones), lalu catat dan ukur setiap progress yang dicapai. Lakukan pula pengujian terhadap fitur-fitur yang dipasang dan utamakan kenyamanan pelanggan. Fokus pada poin-poin tersebut – niscaya pelanggan Anda menikmati shopping experience terbaik dan tidak ragu untuk menjadi repetitive buyers. Konsultasikan masalah Anda, kami selalu siap melayani. Cheers!

 

Muliadi Jeo