Memulai Bisnis Ecommerce? Miliki Partner Andalanmu Sekarang

Memulai bisnis online di era yang hampir semua aspek sehari-hari sudah terdigitalisasi memang terlihat gampang-gampang saja. Dengan banyaknya kanal atau marketplace yang bisa dengan mudah dijangkau ritel, kegiatan ecommerce jadi hal yang praktis. Apalagi mengingat bahwa saat ini kita tengah ada di revolusi industri 4.0. Tapi dengan kemudahan tersebut, pernahkah terpikir bahwa di titik kulminasinya, persaingan ecommerce akan semakin menjadi-jadi? Bayangkan jika ratusan ribu ritel muncul ke permukaan pasar tiap tahunnya, belum lagi ditambah pengaruh globalisasi yang semakin memudarkan batas antarnegara. Persaingan level global menjadi konsekuensi yang tidak terelakkan.

Pada kenyataannya, sebuah toko online membutuhkan ekosistem untuk menciptakan alur bisnis yang berfokus pada pelanggan. Ekosistem berbicara tentang resource atau aset-aset yang dibutuhkan toko ketika menjalankan fungsinya sebagai ecommerce. Beberapa diantaranya, keamanan situs, sistem pembayaran, pengiriman barang (shipping), kanal (channel) penjualan, dan masih banyak lagi. Belum lagi dengan alur pembelian barang, UI, UX, OMS, SEO, CMS, kecepatan website, custommer support, dan berbagai hal teknis lainnya. Semua itu berdampak besar bagi kesuksesan sebuah toko online. Dengan memiliki ekosistem yang memadai, perkara-perkara diatas niscaya dapat tertangani dengan baik.

Tapi, mampukah retailer melakukan semua perkara teknis tersebut sekaligus berfokus juga merancang strategi bisnis dan manajemen perusahaannya? Kami menyarankan untuk benar-benar mempertimbangkan ini dan mulai melihat opsi yang lebih efektif; yakni memilih partner ecommerce. Pertimbangkan matang-matang karena ini menyangkut kelangsungan bisnis usaha. Kira-kira, apa saja yang jadi bahan pertimbangan ketika hendak memilih partner ecommerce? Kami sudah merangkum daftarnya sebagai berikut:

  1. Pengalaman adalah guru yang terbaik 

Selama lebih dari 10 tahun, ICUBE telah membangun dan memelihara ecommerce berteknologi Magento tersebar di seluruh dunia.

Selama lebih dari 10 tahun, ICUBE telah membangun dan memelihara ecommerce berteknologi Magento tersebar di seluruh dunia.

Pengalaman penting untuk menentukan kualitas dari partner yang akan kita pilih. Berapa banyak brand atau klien yang telah sukses bekerjasama? Seberapa masif brand klien tersebut? Berapa lama si calon partner telah berkecimpung jadi penyedia solusi ecommerce? Bagaimana kualitas website yang telah dibangun? Dan lain sebagainya.

Perlu digarisbawahi bahwa pengalaman merupakan aspek pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih partner ecommerce. Pengalaman menyangkut berapa lama, berapa banyak klien, serta seberapa luas lingkup yang dapat dicapai oleh agensi atau penyedia solusi tersebut menjadi sangat signifikan. Mulailah untuk mengorek lebih dalam mengenai mitra yang akan diajak bekerjasama. Pastikan juga pengalaman dan rekam jejak mitra tersebut serta layanan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhanmu.

2. It happens, when IT happens

Dalam kurun waktu kurang dari setahun, 11 senior developer telah berhasil tersertifikasi Magento 2. Beberapa diantaranya merupakan  Solution Specialist, Associate Developer,  dan  Front-end Developer. And   the list is still growing.

Dalam kurun waktu kurang dari setahun, 11 senior developer telah berhasil tersertifikasi Magento 2. Beberapa diantaranya merupakan Solution Specialist, Associate Developer, dan Front-end Developer. And the list is still growing.

Perkara teknis atau masalah yang berkaitan dengan IT adalah hal yang signifikan sekaligus riskan dalam ecommerce. Kami sadar jika kualitas website adalah segalanya bagi sebuah brand. Profesionalitas menjadi aspek yang krusial. ICUBE menyediakan teknologi Magento dan sumber daya yang teruji dan tersertifikasi. Kami terus berusaha meningkatkan kualitas sumber daya dan mengembangkan kemampuan terutama dalam segi teknis. Karena kami tahu, when IT happens, everything will get easier.

3. Omnichannel: selling online at its best

Pernah mendengar kata omnichannel? Kata satu ini semakin kerap digaungkan seiring dengan cepatnya laju perkembangan ecommerce. Dikutip dari kamus Oxford, beginilah definisinya:

image (19).png

Yang perlu digarisbawahi adalah kutipan bahwa “80 percent of sales for omnichannel retailers happen in the offline world”. Itu artinya, terlepas dari eratnya budaya serba online, penjualan offline tercatat masih mencetak angka yang lumayan besar. Omnichannel menjadi sistem yang paling ideal bagi online-retailers. Upaya kami memberikan layanan yang mengoptimalkan semua kanal (channel) penjualan sehingga omnichannel benar-benar dapat diimplementasi dengan maksimal.

 

Tentang ICUBE

ICUBE merupakan mitra solusi bagi ritel dengan pengalaman lebih dari dua dekade dan ratusan klien berteknologi Magento. Komitmen ICUBE untuk membangun ekosistem di industri digital diwujudnyatakan dengan menyediakan solusi yang bukan hanya teknis namun juga secara menyeluruh dengan mempertimbangkan kebutuhan klien. ICUBE terdiri dari tim IT yang tersertifikasi, desainer, manajer teknis proyek, dan ahli strategi bisnis profesional. Beberapa klien yang sukses bekerjasama dengan kami: The Body Shop, Wacoal Indonesia, Lovebonito Indonesia, Kawan Lama Group, Nutrifood, Hush Puppies, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi kami melalui https://icubeonline.com/.

Muliadi Jeo