6 Strategi Product Launch Agar Sukses Diterima Pasar

Peluncuran sebuah produk adalah salah satu sesi terpenting bagi bisnis. Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum proses product launch dilakukan. Tanpa strategi yang tepat, peluncuran produk baru mungkin bisa jadi sia-sia, misalnya tidak diterima oleh pasar dengan baik.

Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan product launch? Simak ulasan lengkapnya berikut!

Strategi Product Launching Untuk Meraih Kesuksesan

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan product launch, di antaranya adalah:

Tetapkan Perencanaan Matang

Salah satu strategi supaya product launch meraih kesuksesan adalah perencanaan yang matang. Peta perencanaan yang jelas bisa membantu Anda tetap berada di jalan yang benar. 

Anda perlu melibatkan orang yang tepat dan kompeten. Sebab, keberhasilan product launch tidak hanya berada di tangan product manager saja. Libatkan tim penjualan, pemasaran, produksi, dan tim lainnya dalam menyusun perencanaan. 

Setelah itu, tentukan berbagai kemungkinan dampak yang terjadi setelah product launch. Misalnya akankah product launch ini mampu meningkatkan omzet dan brand awareness bagi perusahaan, channel marketing apa yang akan digunakan, matriks apa saja yang akan dipakai untuk mengukur kesuksesan,  dan bagaimana Anda mengubah strategi apabila mengalami kegagalan mencapai tujuan. 

Gabungkan jawaban dari kemungkinan tersebut ke sebuah dokumen peta perencanaan product launch, lalu distribusikan ke tim yang terlibat untuk selalu memantau pada saat produk diluncurkan.

Lakukan Riset Pasar

Setelah perencanaan selesai dibuat, maka langkah selanjutnya yaitu riset pasar. Tahap ini menjadi faktor terpenting ketika akan melakukan product launch.

Sebab, Anda akan mengetahui apakah suatu produk atau layanan menjadi kebutuhan atau keinginan bagi masyarakat. Pastikan ada permasalahan yang terjadi di pasar dan jadikan produk Anda sebagai solusinya.

Riset pasar juga bisa dengan mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk milik kompetitor. Semakin banyak poin plus dari produk Anda, maka semakin besar kemungkinan untuk unggul dalam bersaing di pasar.

Identifikasi Target Market

Lanjutan dari riset pasar yaitu mengetahui target yang tepat dari produk Anda. Dalam proses identifikasi, ketahui dahulu demografi yang dapat menjadi target potensial. Setelah demografi, bisa juga menambahkan aspek perilaku calon pelanggan. Dengan mengetahui demografi dan perilakunya, Anda dapat Menyusun perencanaan strategi maupun komunikasi visual secara akurat. 

Meskipun terkesan merepotkan di awal, melakukan riset pasar dan menentukan target market memungkinkan product launch berjalan dengan sempurna.

Belajar dari Pesaing

Belajarlah dari pesaing. Anda dapat mempelajari mulai dari kelebihan hingga kekurangan dari fitur produk, kegiatan promosi yang mereka lakukan, serta harga yang ditawarkan ke pasar. Ini dapat mempermudah dalam mengidentifikasi apakah produk Anda memiliki poin plus dari pesaing. 

Kembangkan Strategi Pemasaran

Product launch tidak lepas dari strategi pemasaran. Pemasaran yang tepat akan mendorong penjualan produk yang sedang diluncurkan. Strategi pemasaran ini diciptakan untuk meningkatkan minat calon pelanggan maupun pelanggan setia. 

Bahkan, sebisa mungkin gunakan strategi pemasaran untuk menarik atensi calon pelanggan yang sebelumnya belum pernah mengetahui brand Anda. 

Tetapkan Tolok Ukur Tujuan Bisnis 

Tentukan tujuan pencapaian akhir dan tetapkan tolok ukur guna mengukur performa pencapaian dari product launch dari bisnis Anda. Beberapa contoh matriks meliputi: traffic website, aktivitas di media sosial (follower baru, komentar pembaca, postingan yang dibagikan), dan anggaran aktual yang dikeluarkan ketika product launch. 

Ingatlah, selalu pantau dan evaluasi. Apabila ada matriks yang cenderung jauh dari target akhir, Anda bisa langsung mengubah strategi pemasaran produk.

Demikian strategi yang bisa Anda terapkan pada product launch. Upayakan selalu melibatkan tim internal maupun eksternal untuk membantu mensukseskan product launch dan meraih keuntungan yang berlipat!

Anda bisa melakukan product launch melalui website e-commerce dari ICUBE. Platform e-commerce berbasis Magento yang memiliki muat halaman super cepat dan tampilan ramah pengguna desktop maupun mobile, memungkinkan aktivitas product launch bisnis Anda meraih kesuksesan. 

Selengkapnya ketuk banner di bawah ini.